5 Strategi Digital Marketing untuk Memulai Bisnis

Dunia digital marketing selalu menarik untuk dibahas. Digital marketing merupakan jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan dengan memanfaatkan media digital. 

Dengan digital marketing Anda bisa memasarkan produk dengan lebih cepat, mudah, dan murah dibandingkan dengan tradisional marketing. Namun, hal tersebut tidak dapat berjalan secara otomatis. Perlu berbagai proses agar membuat bisnis Anda berkembang dengan baik. 

Salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing berikut

SEO

Secara sederhana, SEO merupakan strategi untuk mendominasi halaman hasil pencarian dari search engine seperti Google dan Bing. 

Strategi SEO bisa diimplementasikan di semua platform yang melibatkan pencarian dan keywords, memastikan bahwa halaman Anda menjadi nomor satu di target keyword yang Anda inginkan.

SEO sekarang sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Beberapa kelebihannya adalah gratis dan bisa digunakan untuk jangka panjang. Hanya saja strategi SEO sangat sering berubah, bergantung pada update algoritma dari mesin pencari. 

Sehingga Anda perlu terus mencari tips dan trik yang terbaru guna memastikan Anda tetap menjalankan praktik terbaik, dan menjaga ranking Anda.

Pay-Per-Click (PPC)

Pay-per-click atau PPC adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Biasanya iklan tersebut terdapat pada halaman pencarian google jika menggunakan layanan Google Ads.

PPC adalah sebuah cara untuk mengarahkan traffic pengunjung untuk masuk ke website Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contoh dari PPC yang sering digunakan adalah Facebook Ads, Twitter Ads, dan contoh yang lainnya. 

Cara kerja dari PPC adalah Anda harus membayar terlebih dahulu untuk mendapatkan slot atau posisi teratas pada mesin pencari dan dikenakan biaya setiap kliknya. Pastikan untuk perusahaan atau bisnis Anda memiliki modal yang cukup untuk menerapkan strategi marketing dengan PPC.

Email Marketing

Meskipun media sosial paling banyak dimanfaatkan untuk melakukan promosi secara langsung, akan tetapi pemasaran melalui email sampai saat ini tetap menunjang para pebisnis. 

Tujuan utama email marketing adalah untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan memberikan informasi bermanfaat kepada mereka. Informasi tersebut dapat seperti berita produk terbaru dan kupon diskon. Sehingga dapat membuat mereka terus kembali membeli produkmu. 

Strategi yang dapat memberikan dua hal positif, yakni membangun relasi dengan pelanggan sekaligus memperkenalkan produk Anda, baik barang maupun jasa secara jelas dan terperinci.

Social Media Marketing

Sosial media marketing atau pemasaran media sosial adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar.

Banyak marketer memanfaatkan peluang dari meningkatnya popularitas media sosial di kalangan pengguna internet. Mereka mulai mempromosikan merek mereka di media sosial, dengan demikian mereka telah melakukan sosial media marketing kepada dunia.

Ini adalah platform di mana pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi, serta membangun komunitas mereka.

Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan konten yang berharga dan relevan.

Konten-konten yang dibuat dan dibagikan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan membuat brand tetap teringat oleh audiens sampai waktunya mereka melakukan pembelian atau tindakan lain yang menguntungkan bisnis.

Selain itu, bikin dan nge-share content marketing yang konsisten bisa membangun dan menjaga hubungan antara brand dengan calon konsumen, konsumen baru, atau konsumen yang sudah lama. 

Hal ini karena audiens menganggap  perusahaan atau brand-mu adalah mitra yang peduli dengan mereka. Kamu sebagai brand mendukung kesuksesan, kesehatan, atau menjawab kekhawatiran mereka dengan konten yang relevan. 

Tentukan Strategi Digital Marketing Anda Sekarang!

Dari banyaknya pilihan strategi maupun teknik yang ada, Anda bisa memilih beberapa strategi dan teknik tersebut sesuai dengan goal Anda. Lalu Anda bisa melakukannya secara konsisten setiap bulan, dengan berbagai improvisasi dari setiap temuan yang Anda dapatkan selama eksekusi strategi.

Jika Anda masih menemukan kesulitan, mungkin Anda bisa mengikuti kursus digital marketing yang lengkap dan mudah. Kuasai dan terapkan ilmu praktis digital marketing untuk perkembangan bisnis Anda.