Apa Itu Asuransi All Risk untuk Mobil

Bagaimana sebenarnya apa itu asuransi all risk untuk mobil? Apa yang menjadi pertanggung jawabannya? Kemudian bagaimana mengenali beda asuransi kendaraan bermotor macam ini dengan asuransi pada umumnya yang objeknya adalah manusia.

Memahami Lebih Dalam Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor fokus pada penjaminan atas sebuah kendaraan bermotor. Baik itu kendaraan pribadi atau kendaraan untuk peruntungan usaha dan publik. Penjaminan ini akan membantu meringankan atau bahkan mengentaskan kebutuhan dana untuk urusan darurat tertentu.

Asuransi kendaraan bermotor bisa diberikan hanya pada kerusakan pada kendaraan saja, dalam hal ini termasuk pula resiko kehilangan. Namun bisa pula meliputi asuransi jiwa pada pengendara, penumpang dan pihak ketiga. Pihak ketiga maksudnya adalah orang yang tidak turut menumpang dalam kendaraan tapi turut mengalami cedera fisik akibat kecelakaan.

Ada pula asuransi yang memberikan layanan bengkel dan jasa derek untuk kondisi darurat dan pertolongan saat kendaraan mogok di jalan raya. Ini juga menjadi salah satu andalan dalam banyak jasa asuransi untuk mobil.

Memahami Apa Itu Asuransi All Risk

Dalam dunia asuransi mobil dikenal dua jenis asuransi, yakni asuransi Total Lost Only atau TLO dan Asuransi All Risk atau Asuransi komprehensif. Keduanya memberikan layanan pertanggungan pada kerusakan kendaraan namun dengan tingkatan berbeda.

Pada Asuransi Total Lost Only, kerusakan yang akan ditanggung hanya bila kerusakan mencapai 75% dari seluruh nilai harga kendaraan saat ini. Artinya kerusakan yang berat yang dianggap layak untuk mendapatkan pertanggungan.

Sedang kerusakan kecil dan sedang tidak akan masuk hitungan pertanggungan. Kebanyakan kayanan TLO ini biasanya tidak disertai dengan layanan pertanggungan pengobatan, cacat fisik dan kematian.

Apa itu asuransi all risk? Ini berbeda dari asuransi TLO yang tidak menanggung seluruh resiko dan kerugian. Pada asuransi all risk, Anda akan bertemu dengan jaminan yang menyeluruh, baik pada kerusakan, cedera pada penumpang, pengendara maupun pihak ketiga. Dan sarana jaringan bengkel serta jasa derek saat Anda membutuhkan.

Asuransi jenis ini juga menanggung kerugia dalam spektrum luas, tidak hanya karena kecelakaan dan kehilangan. Tetapi juga musibah lain termasuk huru hara, bencana alam, kebakaran dan lain sebagainya. Ini memberikan jaminan lebih luas untuk kendaraan Anda. Kini Anda memiliki gambaran mengenai apa itu asuransi all risk bukan?