Bingung Memilih Asuransi? Gunakan Tips Berikut!

 

Asuransi adalah sebuah produk keuangan yang dapat memberikan kamu jaminan perlindungan atas resiko yang ada di masa mendatang, mulai dari resiko kecelakaan, mobil hilang/rusak, jatuh sakit, hingga kehilangan anggota keluarga yang menjadi pencari nafkah utama. Dengan adanya asuransi, kamu tidak perlu takut rugi besar secara finansial ketika terjadi hal-hal tak diinginkan menimpamu dan keluarga di masa mendatang! Namun, masyarakat yang masih bingung untuk memilih produk asuransi yang tepat sesuai kebutuhannya. Apakah asuransi dengan premi murah selalu tepat untuk kebutuhan kita? Apakah asuransi dengan manfaat tertentu memang cocok dengan apa yang kita mau? Memangnya, bagaimana sih cara memilih asuransi yang benar? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti!

1. Memahami Kebutuhan

Sebelum kamu memilih produk asuransi yang kamu inginkan, sangat penting bagi kamu untuk mengerti manfaat dari setiap produk asuransi yang ingin kamu beli. Misal ketika kamu ingin memilih asuransi kesehatan, perhatikan dulu riwayat kesehatan kamu dan keluargamu. Hal tersebut agar kamu bisa memahami resiko yang mungkin akan menimpa kamu dan akan membantu kamu dalam menentukan produk asuransi yang manfaatnya memang tepat untuk memberikan coverage pada resiko yang kamu miliki. Selain riwayat kesehatan, kamu juga perlu memahami kira-kira hal apa saja yang kamu butuhkan ketika sakit, mulai dari kelas kamar, perawatan medis, dsbnya.

2. Pastikan ketersediaan asuransi yang sudah ada

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan hal apa yang sudah dijamin perlindungannya di luar produk asuransi yang ingin kamu beli. Misal ketika kamu ingin membeli kendaraan bermotor, pastikan garansi kendaraan tersebut bisa mengcover apa saja sebelum kamu membeli asuransi kendaraan untuk perlindungan lebih. Hal yang saja juga berlaku untuk asuransi kesehatan, pastikan apakah tempat kamu bekerja menyediakan tunjangan kesehatan sebelum kamu menambah tunjangan tersebut dengan asuransi kesehatan pribadi. Hal ini dilakukan agar asuransi yang kamu beli tidak mubazir dan membantu kamu dalam mengoptimalkan anggaran.

3. Alokasi anggaran

Alokasi anggaran merupakan hal penting dalam perencanaan keuangan apapun. Kamu perlu menyiapkan anggaran untuk membayar iuran bulanan produk asuransi yang akan kamu pilih. Besar iuran asuransi tergantung manfaat yang diberikan oleh asuransi, usia pengguna, riwayat medis, dan jangka waktu asuransi. Siapkan anggaran yang sesuai dengan produk asuransi yang memang kamu ingin pilih sesuai kebutuhan.

4. Periksa dengan baik polis asuransimu

Hal ini biasanya yang dilupakan oleh banyak orang. Terkadang banyak orang malas untuk mempelajari poin-poin yang ada pada polis asuransinya. Kamu harus memastikan apakah produk asuransi yang kamu pilih memang memenuhi seluruh kebutuhan kamu. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari cara untuk melakukan klaim asuransi, kondisi apa saja yang dapat ditanggung oleh polis asuransi agar klaim kamu dikabulkan. Jangan sampai kamu asal pilih produk seperti asuransi kesehatan murah namun terjebak karena tidak mempelajari polisnya dengan baik sehingga hanya merugikan dirimu sendiri.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus dapat kamu lakukan dalam memilih produk asuransi. Semoga kamu tercerahkan dengan tips mengenai asuransi tersebut ya! Jangan sampai kamu bingung lagi untuk memilih produk asuransi di masa mendatang!