Bolehkah Anak Yatim Menerima Zakat Fitrah?

Menurut Imam Ibn Utsaimin dalam Majmu’ Fatawa, Anak-anak yatim dan miskin berhak merima zakat. Kalau Anda menunaikan zakat kepada pengurus Anda yatim atau panti asuhan yang legal dan amanah, maka zakat yang Anda berikan dianggap sah.

 

Namun kita sering bertanya, apakah boleh memberikan zakat fitrah kepada anak yatim? Atau apakah anak yatim berhak menerima zakat yang kita berikan?

 

Jadi, Bolehkan Anak Yatim Menerima Zakat Fitrah?

 

Jika kita mengacu pada firman Allah pada surat At-Taubah 60, pada ayat tersebut memang menjelaskan bahwa anak yatim tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang berhak menerima zakat atau dalam istilah perzakatan, biasa disebut sebagai mustahiq.

 

Mereka yang termasuk dalam golongan yang berhak menerima zakat  adalah fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, orang yang dililit utang, orang yang berjuang di jalan Allah, dan musafir alias Ibnu Sabil.

 

Jadi, anak yatim memang tidak termasuk dalam delapan  golongan penerima zakat.

 

Namun, jika si anak yatim itu memenuhi syarat dan kriteria-kriteria di atas—fakir dan miskin, misalnya—dia berhak untuk menerima zakat fitrah—juga zakat penghasilan.

 

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Imam Ibn Utsaiman di awal tulisan ini: anak yatim yang miskin dan belum baligh berhak menerima zakat.

 

Jadi pada kesimpulannya: jika anak tersebut ditinggal orang tua dalam keadaan fakir tidak memiliki pengganti orangtuanya yang menyantuninya dan tidak ada yang memberi nafkah untuknya, dia boleh diberi zaka selama dia belum memasuki usia balight. Namun jika ada yang telah menafkahinya, dia sama sekali tidak berhak menerima zakat.

 

Menunaikan Zakat dengan Mudah

 

Jika Anda berencana melakukan zakat kepada anak yatim dan mereka yang membutuhkan, Anda bisa melakukan menunaikan zakat  secara digital bersama LAZNAS PYI Yatim dan Zakat melalui halaman https://pantiyatim.or.id/.

 

Laznas PYI Yatim & Zakat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019. Bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.

 

Laznas PYI Yatim & Zakat juga memfasilitasi para yatim dan dhuafa mendapatkan haknya agar dapat mengenyam hidup dan pendidikan yang layak di tempat mereka terdampar saat ini.

Jadi, yuk jangan ragu-ragu untuk salurkan zakat ka,mu melalui Pantiyatim.or.id melalui link ini. Saat ini sudah ada lebih dari 100 yatim piatu dan dhuafa yang menerima manfaat dari program zakat ini, lho.