Cara Menggunakan Google Maps Pada Smartphone

Cara menggunakan Google Maps offline yang benar pada smartphone memang harus diperhatikan. Lebih lagi, secara resmi Google Maps melakukan tambahan fitur baru di dalamnya. Kehadiran sebuah fitur terbaru ini sangat memberikan kemudahan bagi para pengguna aplikasi google maps. Fitur itu adalah fitur offline google maps yang memungkinkan para pengguna aplikasi google maps tanpa jaringan internet.

Selain itu, dengan fitur ini pengguna bisa dengan cepat menggunakan aplikasinya tanpa harus mengalami lag saat sinyal tidak stabil. Pasalnya, fitur offline tidak membutuhkan transfer data dalam prose pelacakanya atau estimasi jaraknya. Serta, tentunya fitur ini akan menghemat penggunaan daya baterai pada smartphone.

Sangat menarik bukan? Nah, bagi yang belum memahami cara menggunakan fitur offline pada Google Maps tidak perlu bingung. Ulasan berikut akan menjelaskan dengan rinci cara yang bisa dilakukan para pengguna aplikasi Google Maps, berikut ini adalah cara-caranya:

1. Unduh Aplikasi Google Maps

Pertama yang harus diperhatikan bagi yang berkeinginan memakai aplikasi google maps secara offline adalah pastikan memiliki aplikasinya. Tanpa aplikasi tidak mungkin akan menjalankan aplikasi tersebut, bukan? Bagi yang belum memiliki, unduh saja aplikasinya melalui Play Store yang sudah tersedia di masing-masing android.

Mula-mula klik opsi search, pilih aplikasi Google Maps yang ada di urutan paling atas. Klik download dan instal aplikasinya. Untuk mendapatkannya, tidak memerlukan biaya sepeserpun karena bisa dinikmati secara cuma-cuma.

2. Akses Fitur Offline Area pada Aplikasi Google Maps

Langkah berikutnya adalah mengakses fitur offline di google maps yang sudah dilakukan installing. Fitur offline area pada aplikasi google maps terdapat pada opsi local atau tombol plus yang terdapat pada aplikasi di kanan bawah layar. Setelah itu tinggal taps opsi download now untuk mengaksesnya. Nah, pastikan bahwa dalam proses tersebut jaringan data internet aktif dan lancar.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Hapus Tempat di Google Maps

3. Pastikan Area yang Ingin Diunduh Sesuai dengan Keinginan

Cara menggunakan Google Maps offline selanjutnya adalah memastikan bahwa lokasi atau area yang akan kita unduh sesuai dengan keinginan. Jangan sampai sudah melakukan unduh area tapi areanya tidak sesuai, tentunya nanti akan sia-sia.

Adapun untuk menandai area yang akan di unduh juga cukup simple. Cukup dengan tandai area dengan luas yang disesuaikan dengan keinginan. Tapi perlu diingat bahwa semakin luas area yang akan diunduh tentu ukuran berkas filenya juga semakin besar.

4. Gunakan Wifi Untuk Mengunduh Fitur Offline Area

Upayakan dalam proses pengunduhan jaringan data yang dimiliki mencukupi, atau bisa menggunakan jaringan wifi. Kecepatan jaringan menjadi penentu lama dan tidaknya proses pengunduhan. Disarankan pakai wifi karena kecepatan jaringannya biasanya lebih stabil dibandingkan dengan jaringan data non wifi.

5. Fitur Offline Area Pada Google Maps Siap Digunakan

Setelah proses pengunduhan selesai tentu fitur offline area pada Google Maps siap digunakan. Akses peta yang sudah diunduh memiliki rute tercepat atau area bersangkutan sesuai dengan saat menggunakan google maps secara on line.

Selain itu dalam fitur ini juga dapat melakukan pengunduhan peta secara spesifik, seperti resto, hotel, spbu, rest area dan lain sebagainya dengan cara taps pada kolom pencarian yang ditampilkan aplikasi google maps.

Beberapa cara menggunakan Google Maps offline di atas bisa jadi pengetahuan buat yang berkeinginan menggunakan fitur offline pada Google Maps. Semoga sedikit share pengetahuan ini memiliki manfaat terkhusus bagi yang belum mengetahui cara penggunaan fitur offline dalam aplikasi google maps. Semoga bermanfaat!

Baca artikel teknologi lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com