Ingin Lakukan Perawatan Luka Operasi Penderita Diabetes di Rrumah? Ini Solusinya!

 

Penderita diabetes yang tidak segera ditangani dengan baik sering kali mengakibatkan masalah serius seperti timbulnya luka pada bagian tubuh. Bahkan hal itu membuat seseorang perlu untuk melakukan operasi pada luka. Pasca menjalani operasi diabetes tidak langsung sembuh begitu saja, tetap perlu melakukan perawatan secara rutin agar tubuh tetap sehat. Yang paling utama perlu merawat luka bekas operasi dengan baik. Karena jika tidak akan berdampak pada masalah kesehatan yang lebih berbahaya dan fatal. Tentu Anda sebagai penderita tidak ingin mengalami masalah tersebut bukan?

Tidak jarang orang ingin melakukan perawatan dirumah pasca operasi diabetes, hal itu dikarenakan biaya yang lebih terjangkau dan tentu lebih banyak aktivitas yang tetap bisa dilakukan. Namun perlu dipahami jika luka operasi yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai infeksi, seperti timbulnya luka gangrene sampai harus perlu melakukan amputasi. Hal itu sangat mengancam para penderita diabetes dalam perawatan luka yang ditimbulkan setelah menjalani operasi. Inilah kenapa artinya perawatan dirumah bukan tidak boleh dilakukan namun perlu banyak pertimbangan.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari resiko yang mengancam tersebut. Hal ini penting untuk Anda yang ingin melakukan perawatan luka sendiri dirumah. Cara pertama bisa mulai dengan tetap mengendalikan gula darah sehingga tidak menyebabkan luka bekas operasi lebih sulit sembuh. Karena jika hal itu tidak dijaga dengan baik akan memberikan dampak seperti jaringan baru yang sulit terbentuk sehingga luka tidak kunjung sembuh, apalagi jika kadar gula darah terus naik akan membuat banyak bakteri muncul terus berkembang biak dengan mudahnya pada tubuh Anda. Cukup mengerikan bukan?

Bila terus dibiarkan luka bisa semakin parah dan sampai membusuk mengeluarkan aroma yang kurang sedap lalu akhirnya perlu dilakukan amputasi. Makanya jangan sekali-kali untuk tidak menghiraukan kadar gula dalam darah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Selalu membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, tepung-tepungan, roti putih, dan beberapa jenis lainnya.
  2. Sebagai pengganti bisa memilih makanan dengan sumber karbohidrat kompleks seperti ubi, kentang, kedelai hitam, jagung, gandum utuh dan banyak lagi.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat tinggi.
  4. Selalu usahakan untuk tetap aktif bergerak sehingga tidak terjadi penumpukan lemak jahat.
  5. Bila diperlukan bisa konsumsi jenis obat yang dapat mengendalikan gula darah, namun perlu disesuaikan dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Kedua selalu memperhatikan luka operasi dengan cara merawat serta menjaga kebersihannya, ini bertujuan supaya luka cepat sembuh dan tidak mengalami komplikasi. Jadi dengan memperhatikan pola makan untuk menjaga gula darah, Anda perlu pula melakukan perawatan yang tepat pada luka seperti dengan:

  1. Membersihkan luka minimal 1-2 kali dalam satu hari, gunakan sabun antiseptik serta air yang mengalir.
  2. Setelah itu jangan luka keringkan luka tanpa menggunakan kapas karena bisa menempel pada luka.
  3. Gunakan krim atau salep antiseptik dari dokter.
  4. Jangan balut luka ketika tidak keluar rumah dan hindari balutan terlalu ketat.

Bila Anda merasa kesulitan untuk melakukan berbagai perawatan sendiri dirumah seperti diatas, tidak perlu khawatir. Karena sekarang banyak perawatan dokter atau jasa medis home care yang membantu Anda secara baik. Misalnya saja melalui Aido Anda bisa temukan tenaga medis profesional yang bisa memberikan layanan rawat luka bekas operasi diabetes. Dengan begitu bukan saja lebih mudah namun juga lebih terpercaya kesembuhan semakin cepat.