Inilah 4 Manfaat Memiliki Sertifikat Pelatihan Kerja

Dunia kerja saat ini memang jauh lebih ketat persaingannya dibandingkan dengan dulu. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Karena memang lapangan kerja jadi jauh lebih sempit dibandingkan dengan sebelumnya. Ada banyak perusahaan di Indonesia yang mengalami gulung tikar, menyebabkan banyak orang terkena PHK, belum lagi juga sektor UMKM yang mengalami kerugian sehingga harus menutup tempat usahanya sementara waktu. Jadi sebaiknya perbanyak skill atau pelatihan untuk bisa lebih unggul dibandingkan dengan yang lain, ikuti pelatihan dan dapatkan sertifikat pelatihan kerja .

Tak dapat dipungkiri jika seandainya melihat kondisi semacam ini pemerintah sendiri juga ikut turun tangan untuk menyiasatinya, diantaranya dengan mengeluarkan program kartu Pra kerja, dimana nantinya setiap orang dapat mendaftar untuk mendapatkan biaya pelatihan dan juga intensif dalam mencari kerja. Jika melihat sekarang ini memang ada banyak sekali diantara lembaga-lembaga pelatihan yang membuka program pelatihan khusus di berbagai bidang, mulai dari kuliner, bisnis, marketing sampai dengan pendidikan.

Anda dapat mengasah keterampilan atau menambah ilmu diantaranya adalah dengan mengikuti salah satu kelasnya tersebut. tak perlu khawatir karena jika seandainya berbicara mengenai tarif atau biaya yang harus dikeluarkan guna mengikuti pelatihan tersebut jumlahnya juga tak selalu mahal. Cukup banyak diantaranya yang menawarkan tarif terjangkau, nantinya jika Anda lulus maka juga bisa mendapatkan sertifikat pelatihan kerja, ada banyak manfaat dari keberadaan sertifikat ini yang nantinya bisa Anda rasakan, yaitu:

  1. Bisa dipakai sebagai dokumen penunjang dalam melamar pekerjaan, bagi yang ingin melamar pekerjaan, maka nantinya sertifikat tersebut dapat ikut serta dilampirkan. Tujuannya sendiri sangat banyak, diantaranya adalah bisa menjadi nilai lebih bagi Anda yang memang ingin melamar pekerjaan, karena sudah punya sertifikat untuk satu bidang keahlian tertentu.
  2. Tolak ukur kemampuan Anda, adanya sertifikat ini nyatanya juga dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai kemampuan di bidang tersebut. karena jika tidak lolos tentunya belum memenuhi standar yang ada bukan, sehingga tidak layak untuk mendapatkan sertifikat, jadi bisa dijadikan sebagai bukti kemampuan.
  3. Nilai lebih untuk melamar satu bidang pekerjaan, misalnya Anda mengikuti pelatihan di bidang komputer, entah itu penguasaan Microsoft Word maupun Excel, sedangkan bidang atau lapangan kerja yang ingin dilamar adalah bagian administrasi yang membutuhkan skill atau keterampilan di bidang tersebut, dengan adanya sertifikat ini dapat dijadikan sebagai nilai lebih bahwa Anda memang sudah menguasai bidang tersebut, dimana mungkin pelamar yang lainnya sebenarnya juga memiliki kemampuan yang sama. Namun karena tidak didukung dengan sertifikat yang membuktikan keahlian, maka Anda lah yang mendapatkan nilai plusnya.
  4. Menambah portofolio, contohnya adalah ketika ingin membuka usaha sendiri, maka dengan adanya sertifikat ini dapat digunakan untuk menambah portofolio, dengan demikian orang lain juga tak akan segan untuk memakai jasa Anda tersebut bukan. Intinya tak sekedar sertifikat, melainkan ilmunya sendiri juga harus diterapkan dalam dunia kerja.

Memang banyak diantara lembaga pelatihan kerja yang memberikan sertifikat pelatihan kerja pada mereka yang sudah pernah lulus bimbingan atau kelas tersebut. Hanya saja tidak semuanya juga akan dipercaya oleh perusahaan, bergantung pada kredibilitas dan juga reputasinya. Untuk itu maka penting bagi Anda untuk tidak asal dalam memilih tempat bimbingan kerja, melainkan carilah yang benar-benar sudah terpercaya dan punya reputasi baik seperti diantaranya adalah Prasmul-ELI.