6 Manfaat Memelihara Kucing yang Harus Kamu Ketahui!

Anda sudah tidak asing bukan dengan hewan berbulu bernama kucing. Kucing sangat menggemaskan dan bisa membuat hari Anda lebih berwarna karena tingkahnya yang lucu. Namun, ternyata terdapat banyak manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

Ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat memelihara kucing di rumah, yakni:

1. Mencegah Stres

Dalam penelitian berjudul Psychological Health in a Population of Australian Cat Owners pada tahun 2015, orang yang memelihara kucing tingkat gangguan psikologisnya jauh lebih rendah. Pemilik kucing dianggap tidak mudah stres dan terhindar dari gangguan psikologi daripada yang tidak memelihara kucing.

Karena saat bermain dengan kucing otak Anda akan melepaskan zat hormone oksitosin yang menciptakan rasa tenang. Akibatnya, tekanan darah Anda turun dan terlepas dari stres.

2. Meningkatkan Imun Tubuh Anak

Riset menunjukkan, anak usia satu tahun yang berinteraksi dengan hewan berbulu seperti kucing memiliki daya tubuh lebih baik. Manfaat memelihara kucing juga dapat membantu mencegah anak dari risiko penyakit, seperti alergi, gangguan pernapasan, serta infeksi.

3. Hidup Bersih

Dalam memelihara kucing, kamu akan terbiasa dengan namanya bersih-bersih. Itu karena kucing membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Selain itu, Anda akan rutin membersihkan kotoran kucing dan memandikannya sesuai jadwal. Kebiasaan ini dapat mencegah kucing Anda terkena penyakit.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat memelihara kucing berikutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular. Ketika Anda mengelus bulu kucing yang halus, Anda akan mendapat sensasi yang menenangkan. Efeknya adalah Anda menjadi rileks dan meminimalisir risiko penyakit pada jantung.

5. Memberi Kebahagiaan dan Menghapus Sepi

Kucing adalah hewan yang aktif. Anda dapat bermain setiap waktu dan membuat hidup merasa lebih bahagia. Kucing juga dapat menjadi teman dalam mengusir rasa sepi karena mudah untuk diajak berinteraksi. Tidak jarang, perilaku kucing terlihat lucu dan menyenangkan .

Penelitian dengan judul Pets and Happines: Examining the Association Between Pet Ownership and Wellbeing tahun 2016 mendukung pernyataan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemilik hewan peliharaan lebih bahagia dengan hidupnya dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

6. Kondisi Psikologis Stabil

Manfaat memelihara kucing yang terakhir, yaitu berdampak pada kondisi psikologis Anda. Pada kuesioner dalam penelitian di Australia tahun 2015, partisipan yang memelihara kucing merasa hidupnya lebih percaya diri, tidak stres, bahkan kualitas tidurnya baik.

Partisipan mengaku memiliki fokus yang lebih lama ketika memelihara kucing. Pada anak usia 11 sampai 15 tahun, manfaat memelihara hewan peliharaan ialah merasa lebih bertenaga dan bisa menikmati waktu di rumah dan sekolah.

Tertarikkah Anda untuk Memelihara Kucing di Rumah?

manfaat memelihara kucing

Itulah 6 manfaat jika Anda memelihara kucing di rumah. Kucing dapat memberikan banyak manfaat saat kita memeliharanya. Namun, Anda harus memperhatikan kucing Anda dan pastikan mendapatkan vitamin kucing yang bagus. Supaya kucing Anda terjaga kesehatannya.