Mencari Posisi sebagai Pengembang Perangkat Lunak

Selama beberapa dekade terakhir, bidang pengembangan perangkat lunak telah meledak. Faktanya, industri ini sekarang mempekerjakan lebih dari satu juta orang dan merupakan salah satu yang paling cepat berkembang di dunia.

Tapi bagaimana Anda memulai di bidang ini? Dan apa yang dapat Anda harapkan sebagai programmer setiap hari? Mari kita mulai dengan beberapa sejarah di mana karir sebagai programmer berasal dan mengapa itu menjadi begitu populer.

Pemrograman telah menjadi profesi sejak dari dulu

Menulis program komputer bukanlah konsep baru. Faktanya, komputer pertama yang dapat diprogram digunakan oleh Inggris selama Perang Dunia II untuk memecahkan kode rahasia Nazi! Setelah itu, butuh beberapa dekade agar teknologi ini matang, menghasilkan pembentukan perusahaan perangkat lunak seperti Google, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.

Mengingat sejarah panjang pengembangan perangkat lunak ini, tidak mengherankan jika perangkat lunak ini menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Faktor lain adalah penggunaan Internet, yang secara signifikan meningkatkan jumlah pekerjaan komputasi. Situs web komersial pertama ditayangkan pada tahun 1994, dan pada tahun 1999, lebih dari 5 juta orang memiliki akses ke Internet broadband. Sementara itu, teknologi baru seperti smartphone dan kecerdasan buatan (AI) telah menciptakan permintaan untuk pengembang perangkat lunak yang sangat terampil.

Saat ini ada lebih dari satu juta loker programmer. Akibatnya, permintaan untuk pengembang perangkat lunak diperkirakan akan meningkat setidaknya 24% per tahun hingga tahun 2024. Karena peluang yang sangat besar ini, sekarang adalah waktu terbaik untuk mengejar karir sebagai programmer, apakah Anda baru memulai atau memiliki 10 tahun lebih pengalaman.

Seperti apa bekerja sebagai programmer

Ada beberapa jenis developer, misalnya mobile programmer, app developer, API developer, dan webmaster. Lalu ada deskripsi pekerjaan, yang sangat berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan berikutnya. Seorang programmer di Google, misalnya, mungkin mengerjakan proyek mobil self-driving mereka, sedangkan seorang software engineer di Facebook mungkin bekerja untuk meningkatkan kinerja aplikasi seluler mereka. Karena keragaman ini, tidak mungkin untuk menggambarkan semua yang dilakukan programmer modern dalam pekerjaan mereka dalam satu artikel. Namun, ada beberapa karakteristik yang dapat ditemukan di hampir setiap karir pemrograman, terlepas dari apakah Anda bekerja di Amazon atau Apple.

Jadi, apa yang dilakukan seorang programmer setiap hari? Saya rasa yang terbaik adalah memulai dengan menjawab pertanyaan, “Apa sebenarnya pemrograman itu?” Pemrograman adalah seperangkat instruksi untuk diikuti komputer, yang dapat sesederhana menginstruksikan mesin untuk melakukan operasi matematika atau serumit mengendalikan robot manufaktur besar.

Banyak bahasa pemrograman (Python, C++, Java) dapat digunakan untuk menjalankan program perangkat lunak. Tetapi, di atas segalanya, pemrograman adalah tentang memecahkan masalah, baik yang terkait dengan teknis maupun perangkat lunak.