Rangkaian Cek Lab Ibu Hamil Trimester Pertama

 

Ketika ibu hamil memasuki usia trimester pertama kehamilan, ada rangkaian cek lab yang perlu dilakukan. Ya, rangkaian cek lab ibu hamil ini sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk memeriksa kondisi ibu hamil dan juga janin.

Sebagaimana diketahui, ibu hamil akan mengalami cukup banyak perubahan pada tubuhnya dan ia harus senantiasa menjaga kesehatannya. Nah, dengan melakukan cek lab, kondisi awal tubuh ibu hamil bisa diketahui dan nantinya kondisi janin pun juga akan diketahui, termasuk jika ada potensi gangguan pada janin.

Nah, berbincang tentang cek lab untuk ibu hamil, terutama di trimester pertama, ada rangkaian pengecekan yang perlu dilakukan. Apa saja rangkaian pengecekan tersebut? Cek ulasan selengkapnya!

Ragam Cek Lab Ibu Hamil Trimester Pertama

Ada beberapa pengecekan yang perlu dilakukan pada ibu hamil di trimester pertama demi mendapatkan informasi yang lengkap tentang kondisi kehamilan. Adapun beberapa rangkaian cek lab yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Cek golongan darah

Cek lab pertama yang dilakukan adalah pengetesan golongan darah ibu hamil. Tes ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil. Dengan pengetesan ini, nantinya akan diketahui apakah ibu hamil memiliki gangguan darah seperti anemia atau lainnya.

Selain itu, pengecekan golongan darah juga diperlukan untuk mengetahui secara pasti golongan darah dari ibu hamil. Nantinya, jika ibu hamil mengalami kekurangan darah, maka ia akan cenderung lebih mudah untuk dicarikan donor darah.

  • Cek diabetes gestational

Di trimester pertama, ibu hamil juga akan mendapatkan pengecekan tentang diabetes gestational. Ini adalah pengecekan yang sangat penting untuk meminimalkan adanya risiko gangguan diabetes pada ibu hamil yang memberikan dampak negatif pada janin.

Dengan melalui tes ini, maka dokter bisa mengetahui kadar gula yang dimiliki oleh ibu hamil. Tentu saja, jika ditemukan ternyata kadar gula tersebut tidak normal, maka nantinya dokter akan melakukan beberapa tindakan yang tepat.

  • Cek faktor rhesus

Cek faktor rhesus juga menjadi salah satu pengecekan lab yang sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Pengecekan ini dilakukan guna melakukan deteksi beberapa penyakit yang kemungkinan diderita oleh ibu hamil.

Selain itu, pengecekan ini juga bisa dijadikan salah satu cara jika terjadi penyakit rhesus. Penyakit ini terjadi jika ternyata ada ketidakcocokan antara jenis darah ibu dan janin yang ada di dalam kandungan di mana menyebabkan masalah pada pertumbuhannya.

Beberapa hal di atas adalah rangkaian dari cek lab ibu hamil yang perlu dilakukan demi menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin. Tentu, selain beberapa tes dan pengecekan tersebut, ada beberapa cek lain yang diperlukan. Untuk detail pengecekan lab pada ibu hamil, cek di sini.

Deskripsi: cek lab ibu hamil menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama di trimester pertama demi mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil.